Simak, Tips and Trik Cara Merawat Baju dengan Sablonan DTG

May 31, 2023

Sablon digital seperti DTG memiliki banyak kelebihan dan lebih baik dibanding sablon lainnya. Warna yang tajam dan baju sablonan yang baik membuat sablon DTG banyak diminati.

Meski begitu, sablon ini perlu perawatan khusus. Hal ini penting supaya merawat kaos sablon DTG bisa tahan lama dan pengeringan tintanya sempurna. Jadi, tak heran jika kaos ini tahan lama jika dirawat dengan baik.

Tips and Trik Merawat Sablon DTG

Tips and trick dalam merawat sablon DTG kamu dapat mengetahui cara simpel untuk merawat kaos ini agar awet. Ini caranya:

1. Jangan Direndam

Sablon kaos DTG tak boleh direndam karena tinta yang tercetak umumnya memiliki serat kain yang berisikan pigmen dari cetakan tinta tersebut. Karena itu tinta DTG dirancang untuk bisa menempel pada kain agar tahan lama.

Namun, DTG memiliki tinta yang tak tahan air sehingga kamu perlu berhati-hati dalam mencuci kaos menggunakan sablon DTG. Untuk itu kamu tak perlu mencucinya berlebihan agar tintanya tak mudah luntur.

Jika merendamnya terlalu lama, maka kualitas sablon DTG akan menurun dan kamu perlu mengikuti petunjuk dan disarankan menggunakan air dingin atau hangat saat mencucinya.

2. Tidak Menyikatnya

Umumnya, sablon DTG tak boleh disikat karena hal tersebut dapat merusak tekstur maupun gambar pada kain. Alasannya adalah kerusakan gambar yang terjadi pada kaos dapat merusak pigmen yang ada pada kaos.

Dengan menyikatnya, bulu kasar pada sikat membuat pigmen pada kaos cepat rusak dan hilangnya desain perlahan. Maka, ini penting untuk kamu ketahui agar tak merusak kaos DTG yang kamu miliki.

Serat kain yang ada pada kaos DTG juga rusak jika sering disikat. Beberapa jenis kain memiliki risiko rusak lebih cepat jika disikat berlebihan. Sebagai gantinya, sablon ini perlu dicuci lembut menggunakan tangan.

3. Cuci Manual dan Hindari Pemutih

Mencuci manual adalah cara ampuh untuk merawat kaos sablon DTG agar awet. Tanpa menggunakan mesin, cuci manual menggunakan tangan merupakan cara ampuh agar kamu dapat menggunakan kaos sablon DTG bertahan hingga bertahun-tahun.

Selain itu, mencuci manual juga tak boleh sembarangan. Kamu perlu menguceknya dengan lembut dan tak menggunakan deterjen berlebihan. Ini berguna agar tak merusak sablonan saat dicuci manual.

Pemutih juga perlu kamu hindari saat mencuci sablon DTG. Dengan menghindari pemutih, kamu merawat kaos DTG untuk menghindari kondisi dan pudarnya kaos karena pemutih. Zat pemutih sendiri membuat kondisi kaos memudar.

Untuk itu, kamu perlu menghindari pemutih agar kaosmu awet. Gunakan pewangi dan detergen sudah cukup saat mencuci kaos DTG agar aman dari rusaknya sablon karena pemutih.

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mencuci Kaos Sablon DTG

Tips merawat kaos sablon DTG yaitu dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan sablon tersebut. Ini membuat kamu lebih berhati-hati dalam mencuci kaos tersebut agar tahan lama dan nyaman digunakan.

Sablon DTG sendiri dapat mencetak warna dengan tepat dan cepat. Karena itu sablon ini banyak dipilih dibanding sablonan tradisional. Namun, karakteristik sablon DTG adalah sablon digital dan tak tahan air.

Meski desain bervariasi dan permukaannya yang lembut, merawat sablon DTG butuh ketelatenan agar tak salah mencucinya. Jika salah mencuci, sablon DTG akan luntur bahkan hilang warnanya.

Maka dari itu, tips and trick diatas bisa kamu tiru agar sablon DTG tahan lama. Baju sablonan kamu yang terawat akan cenderung tahan dicuci berulang kali dengan metode yang benar tanpa merusak kain dan warnanya. Untuk informasi produk sablon terbaik, cek website Dyotees yang menyediakan berbagai kaos sablon  dengan kualitas terbaik.

WhatsApp