Kelebihan Sablon Plastisol Dibandingkan Jenis Lain

Produksi kaos distro di Indonesia membawa angin segar bagi para pengusaha konveksi termasuk UKM, tapi apakah mereka tahu apa saja jenis tinta sablon yang bagus untuk kaos distro? Salah satu jenis sablon yang paling sering dipakai untuk memproduksi kaos distro adalah sablon plastisol.

Plastisol termasuk jenis sablon yang basisnya minyak, berbeda dari rubber yang basis utamanya air. Tidak heran jika sablon ini mampu memberikan kualitas gambar dan tulisan yang juah lebih nyata daripada sablon biasa.

7 Kelebihan Sablon Plastisol

Agar lebih paham tentang plastisol, simak beberapa kelebihannya berikut ini.

1. Lebih Cerah dan Jelas

sablon plastisol kaos distro

Berbeda dari sablon lainnya, plastisol memiliki karakter warna yang jauh lebih cerah sehingga saat dicetak ke atas baju akan menghasilkan tulisan dan gambar yang jelas.

Untuk menghasilkan finishing yang sempurna sehingga tinta plastisol tidak luntur atau retak di kaos, maka harus melakukan proses curing yaitu proses pemanasan dengan menggunakan suhu sekitar 180 celicus.

Untuk pilihan warnanya bisa menyesuaikan dengan basic warna baju sehingga hasil sablonan akan keren, tidak terkesan norak dan berlebihan.

2. Tahan Lama

Karena sablon plastisol menggunakan basis minyak maka hasil sablon pada baju tidak akan mudah luntur meski sudah digunakan dan dicuci lalu dikeringkan memakai mesin pengering ratusan kali.

Tinta plastisol kualitasnya memang jempolan karena mampu bertahan lebih lama daripada tinta lainnya. Kaos atau sweater yang memakai plastisol umumnya akan bertahan selama 2 tahun.

3. Variasi Warna Banyak

sablon plastisol kaos distro

Tersedia banyak pilihan warna, bahkan ada warna transparan, warna cerah, pastel dan warna gelap. Cukup pilih warna favorit atau warna-warna yang cocok untuk diaplikasikan pada warna baju yang Anda punya. Agar bisa berkreasi lebih banyak, pilih baju berwarna putih atau hitam yang bagus diaplikasikan dengan plastisol warna warni.

4. Siap Pakai

Saat membeli sablon plastisol mungkin Anda bingung, bagaimana cara mengaplikasikannya pada baju. Cara menggunakan sablon ini sangat mudah, setelah dikeluarkan dari tempat penyimpanan, plastisol bisa langsung diaplikasikan pada baju, tidak perlu menambahkan bahan lainnya.

5. Standar Penyablonan Di Berbagai Negara

Untuk menghasilkan produk berstandar internasional, salah satu cara mudah yang worth it untuk dicoba adalah menggunakan plastisol karena mayoritas negara-negara maju di dunia memakai sablon jenis ini.

Jika mampu memproduksi baju berstandar internasional, maka pengusaha bisa memasarkan bajunya dengan price tag yang lebih tinggi.

6. Permukaan Kaos Tidak Menjadi Kasar

Bila penggunaan sablon biasa bisa mempengaruhi kondisi permukaan kaosnya, maka plastisol 100% tidak. Setelah selesai disablon, kaos akan tetap terasa lembut dan nyaman saat dikenakan.

7. Mampu Menghasilkan Desain yang Beragam

Kebanyakan tinta sablon basis minyak dipakai untuk proses sablon di kaos serta sweater dengan teknik aplikasi efek yang beragam, mulai dari efek timbul, doff, glossy, high-dens, amazing, aspalt dan lainnya.

Merk plastisol yang digunakan juga mempengaruhi hasil akhir sablonan, jika ingin menghasilkan finishing yang sempurna, maka usahakan untuk menggunakan tinta plastisol yang berkualitas.

Salah satu merk tinta plastisol berkualitas adalah Wilflex yang diproduksi di Amerika Serikat, hasil akhir dari tinta plastisol ini terbukti bagus dan mampu menghasilkan gambar dan tulisan yang memuaskan.

Inilah yang membedakan kualitas sablon plastisol dari jenis sablon lainnya, tidak heran jika harga baju distro yang menggunakan plastisol jauh lebih mahal. Semoga informasi ini bisa membantu Anda memahami karakter plastisol dengan semua kelebihan yang dimilikinya.

Hubungi via WhatsApp

Admin 1admin 2admin jaketadmin jersey