5 Tips Membuat Desain Logo Brand Untuk Sablon Kaos

May 20, 2020

Sejak lama, kaos sablon menjadi pilihan bagi mereka yang ingin terlihat eksklusif. Misalnya komunitas, atau kaos Angkatan sekolah. Hal ini disebabkan karena mereka dapat menambahkan logo keren yang identik dengan komunitas mereka, lalu menyablonnya dengan mudah. Yang menjadi pertanyaan adalah, seperti apa logo yang cocok untuk kaos anda? Untuk mendapatkan jawaban, simak ulasan kami terkait tips membuat desain logo brand untuk kaos sablon.

Contoh Design Untuk Kaos Sablon

Kaos sablon akan semakin keren dikenakan desainnya pun menarik. Berikut ini ada 5 tips dan contoh design meciptakan logo untuk kaos sablon Anda :

1. Tipe Logo

Yang pertama, Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis logo yang akan digunakan. Dalam dunia desain, dikenal dua jenis logo. Yaitu logogram yang memiliki banyak elemen simbol, serta logotype yang lebih banyak menggunakan tulisan. Sebagai gambaran sederhana, logogram adalah tipe logo yang menggunakan gambar. Seperti yang digunakan oleh brand besar dunia misalnya Adidas, Nike, dan Puma. Sedangkan logotype adalah jenis logo berupa teks, seperti yang diaplikasikan oleh Cocacola.

2. Warna

Berbicara soal desain tentu tak lepas dari pemilihan dan penggunaan warna. Anda harus mengetahui terlebih dahulu, apakah logo Anda akan menggunakan desain satu warna atau gradasi. Tentu saja hal itu akan memengaruhi proses sablonnya. Desain dengan satu warna akan lebih mudah dikerjakan sebab tak membutuhkan proses separasi warna. Perhatikan dan pelajari tentang psikologi warna. Dengan demikian, Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan karakter brand atau komunitas Anda. Sebagai contoh, bila ingin menguatkan kesan macho dan berani, warna merah adalah warna yang tepat. Warna desain juga ditentukan dari warna dasar kaos yang akan digunakan. Perhatikan kontrasnya, jangan sampai desain logo justru tak terlihat karena tersaru dengan warna dasar kaosnya.

3. Proses Kreatif

Dalam membuat desain, tentu tak bisa melewatkan yang namanya proses kreatif. Proses ini adalah tahapan mencari ide, mengembangkan ide, hingga ekseskusi dari ide tersebut. Pada proses ini yang menjadi tantangan adalah bagaimana menciptakan contoh desain yang unik, berbeda dari biasanya, dan kreatif. Usahakan membuat desain logo keren yang multifungsi. Sebab, bisa saja desain tersebut nantinya akan digunakan lebih luas dari sekedar kaos sablon. Mungkin juga untuk dicetak menjadi stiker, brosur, kartu nama, atau media berpromosi lainnya.

4. Sederhana

Buatlah contoh pola desain yang sederhana, dan mewakili visual tertentu. Yang paling umum digunakan adalah jenis desain typography. Yaitu desain dengan tulisan alih-alih gambar. Hal ini banyak digunakan karena kemudahannya. Sebab di era modern ini tersedia sangat banyak font gratis di dunia maya. Namun, tak ada salahnya jika logo keren Anda menjadi bahan untuk disablon. Pastikan desain logonya sesuai dengan komunitas Anda. Logo yang sederhana akan lebih mudah dipahami oleh orang lain di luar komunitas yang melihatnya. Yang paling utama adalah komposisi desain bergambar haruslah seimbang. Jagalah agar elemen desain tetap dibatasi maksimal tiga elemen. Yaitu gambar, pola atau pola geometris, dan tulisan. Misalnya, gambar hewan yang dibingkai dengan garis tepi disertai dengan tulisan nama komunitas. Kesederhanaan seperti itu justru nampak elegan dan menarik.

5. Jenis Sablon

Perhatikan pula jenis teknik sablon untuk kaos komunitas Anda. Dewasa ini tersedia cukup banyak cara sablon untuk desain spesial. Dikembalikan lagi kepada kuantitas kaos yang akan dibuat. Jika jumlahnya cukup banyak, disarankan menyablon desain Anda melalui proses konveksi. Sebaliknya, untuk kuantitas yang lebih sedikit, gunakan metode cetak langsung ke kaos, atau yang dikenal dengan istilan Direct to Garment.  Metode DTG ini lebih mudah, karena tak perlu melewati proses yang rumit seperti pada sablon konvensional. Dengan demikian, DTG memungkinkan Anda menggunakan desain dengan banyak warna, bahkan gradasi sekalipun.

Demikianlah beberapa tips untuk membuat contoh design logo keren Anda semakin menarik saat dijadikan untuk cetak kaos sablon manual Anda. Lakukan semua tips di atas untuk membuat komunitas Anda semakin keren dan bangga saat mengenakannya. Anda bisa bekerjasama dengan Dyotees pastinya!

Hubungi WhatsApp