Strategi Bisnis Kaos Distro 2020 di Masa Corona Virus

May 15, 2020

Pandemi virus Corona semakin meningkat akhir-akhir ini, terutama di beberapa kota dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Tak hanya mengancam kesehatan masyarakat, virus ini ternyata berdampak negatif bagi iklim perekonomian global. Di Indonesia misalnya, sudah banyak karyawan atau buruh yang di rumahkan, bahkan ada  yang di-PHK tanpa pesangon. Para pelaku bisnis dipaksa putar otak demi menemukan ide untuk menyelamatkan bisnis selama masa pandemi ini. Demikian halnya dengan bisnis kaos distro yang tentunya mengalami penurunan omset dan harus segera diantisipasi kemungkinan terburuknya.

Strategi Bisnis Kaos Distro 2020

Disini kami akan membagikan strategi yang berguna bagi Anda untuk mempertahankan bisnis kaos distro di masa Corona virus seperti sekarang ini. Berikut beberapa tipsnya.

1. Bijaksana dalam Mengatur Pengeluaran

Pengeluaran adalah hal penting yang dapat mempengaruhi kondisi finansial bisnis kaos distro. Bila pengeluaran diatur secara efisien dan baik, tentunya akan menguntungkan pengusaha. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mendahulukan biaya produksi, namun tetap memperhatikan komposisi bahan yang biasa digunakan. Hal ini bertujuan untuk mepertahankan kepercayaan konsumen/pelanggan.

2. Kreatif Membuat Desain Kaos Distro

Di tengah pandemi seperti saat ini, banyak orang yang akan mengurungkan niat untuk membeli keperluan pribadi seperti halnya pakaian, namun itu hanya terjadi di awal-awal saja, jika sudah benar-benar membutuhkan, pasti akan membeli juga. Dalam kondisi seperti ini, kreatifitas dalam membuat desain kaos distro sangat bermanfaat untuk mengajak/mempengaruhi konsumen membeli kaos distro. Virus ini berpotensi menyerang siapa saja oleh sebab itu pemilik bisnis kaos distro tentunya dapat menyesuaikan desain kaos dengan tema virus COVID 19. Contohnya gambar corona virus atau beberapa quotes yang kreatif dan lucu. Selain itu dapat menggunakan kalimat persuasi tentang himbauan untuk menerapkan social distancing, physical distancing atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

3. Maksimalkan jalur penjualan online

Banyak distro yang tentunya mengalami penurunan pengunjung akibat masa pandemi ini. Namun demikian para pebisnis tetap mempunyai peluang untuk menjual produk dagangannya melalui media online. Selain lebih aman (tidak kontak langsung) media online juga memudahkan konsumen untuk memilih berbagai merk, desain, model kaos dengan menyesuaikan budget yang ada. Untuk itu, pebisnis kaos distro diharapkan konsisten untuk mengupdate produknya (misalnya 4 jam sekali) dan selalu cepat memberikan respon terhadap permintaan/keluhan konsumen. Langkah tersebut dapat didukung dengan pemberian beberapa kesempatan menarik kepada konsumen yaitu pemberian  diskon atau bebas biaya pengiriman.

4. Tepat dalam Melakukan Manajemen Karyawan

Alternatif yang dapat dilakukan saat terjadinya penurunan drastis omset bisnis di masa pandemi adalah dengan memanajemen ulang kualitas karyawan secara tepat. Pengusaha atau pihak manajemen memprioritaskan karyawan yang berpengalaman serta karyawan yang mempunyai kinerja terbaik selama bekerja.

5. Memberikan Bonus Masker

Masker adalah salah satu pelindung diri yang diwajibkan pemerintah saat masyarakat harus beraktivitas di luar rumah. Kebutuhan akan masker dapat dijadikan sebagai peluang usaha bagi bisnis kaos distro untuk menarik perhatian konsumennya. Pengusaha distro dapat milih untuk berkolaborasi dengan para pengusaha UKM yang memproduksi masker dengan partai besar. Kolaborasi ini tentu bisa meminimalisir pengeluaran namun pengusaha distro bisa mendapatkan masker dengan kualitas kain yang terbaik, jenis warna yang banyak, pemilihan desainnya pun banyak. Masker yang diproduksi dapat diberikan kepada konsumen secara cuma-cuma atau sebagai bonus apabila telah melakukan pembelian kaos distro sesuai dengan ketentuan promosi. Hal ini tentu saja akan menarik minat belanja masyarakat untuk membeli kaos distro.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang strategi bisnis yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha kaos distro seperti Dyotees di masa Corona virus seperti sekarang ini, kiranya bermanfaat bagi Anda. Semoga pandemi ini segera berakhir dan mari kita ikut serta memutus mata rantai penyebaran virus dengan melaksanakan himbauan dari Pemerintah.

Hubungi WhatsApp