Sebelum Pesan Untuk Distro Kamu, Cari Tahu Dulu Yuk Apa Itu Kain Polyester

January 23, 2020

Bahan kain polyester dihasilkan dari proses kimiawi, dimana bahan ini memerlukan senyawa kimia dari bahan organik yang dikombinasikan dengan polyethylene terephthalate (PET) yang berasal dari minyak bumi (petroleum), yang kemudian dicampur dengan bahan katun atau yang lainnya. Bahan polyester umumnya digunakan sebagai bahan pembuat pakaian, selimut, sprei, sofa, dan tali makrame. Bahan ini tergolong sebagai bahan yang kuat serta tahan lama. Bahan ini juga sangat fleksibel digunakan untuk berbagai keperluan karena tidak mudah menyerap keringat, serta anti jamur dan bakteri. Cara membedakan kain berbahan polyester dengan kain berbahan jenis lainnya adalah dengan cara dibakar bagian ujung kainnya. Jika kain terbakar dan berubah menjadi hangus maka kain tersebut adalah kain dengan berbahan dasar serat alam, tetapi jika kain yang terbakar meleleh seperti plastik maka kain tersebut berbahan dasar polyester. Sebagai salah satu penyedia jasa sablon di Jakarta, Dyotees juga menyediakan jasa sablon untuk bahan polyester.

Macam-Macam Bahan Kain Polyester

Ada banyak macam bahan polyester, Dyotees akan membantu kalian menjawab pertanyaan kalian mengenai bahan polyester yang sering dan umum ditemukan dipasaran. Ada pun macamnya adalah sebagai berikut :

1. Bahan PE

Bahan PE merupakan bahan yang 100% polyester tanpa ada campuran bahan apapun. Bahan ini cocok digunakan untuk produksi pakaian secara masal karena awet dan biaya produksinya lebih murah daripada katun.

2. Bahan Lacoste PE Pique

Bahan Lacoste PE Pique atau biasa disebut dengan bahan wangki ini juga merupakan bahan yang 100% polyester dan biasa dibuat untuk baju berkerah atau model polo. Ciri bahan ini terdapat lubang pori-pori yang berukuran sama pada permukaannya.

3. Bahan Lacoste CVC Pique

Bahan Lacoste CVC Pique merupakan bahan campuran antara polyester dan katun. Bahan ini memiliki karakteristik dari bahan polyester yaitu tahan lama, tetapi juga memiliki karakteristik bahan katun dimana dia mudah menyerap keringat.

4. Bahan Hycon

Bahan Hycon merupakan bahan campuran antara polyester dan sutra dimana memiliki ciri berserat halus, tebal, lembut, dan tidak terasa licin. Bahan ini sering digunakan untuk membuat baju muslim, hijab, dress, dan aksesoris wanita.

5. Bahan Woven

Bahan Woven merupakan jenis bahan yang terlihat kasar dari luar tetapi halus ketika diraba.

Sebelum Pesan Untuk Distro Kamu, Cari Tahu Dulu Yuk Apa Itu Kain Polyester

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Polyester

Sebelum memilih bahan polyester sebagai bahan produksi kamu, kenali terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari bahan polyester berikut ini.

1. Kelebihan Bahan Polyester

a. Bahan cepat kering

b. Tidak mudah kusut

c. Anti jamur dan bakteri

d. Cocok digunakan dalam ruangan ber-AC atau lingkungan dengan suhu rendah

e. Tahan bahan kimia

f. Lebih awet dan tahan lama

e. Tidak mudah berkerut

g. Perawatan mudah

2. Kekurangan Bahan Polyester

a. Tidak mudah menyerap keringat

b. Tidak memiliki sirkulasi udara yang baik

c. Panas

d. Mudah terbakar

e. Dapat menimbulkan iritasi bagi kulit yang sensitif atau jika terlalu ketat

Harga Kain Polyester

Dilansir dari beberapa sumber, kain polyester ini dijual baik secara eceran, per-meter maupun per gulungan. Harganya juga bermacam-macam, untuk kain polyester yang tebal dibanderol dengan harga sekitar Rp 11.900,- per meter, kemudian bahan polyester microfiber dibanderol dengan harga sekitar Rp 29.500,- per meter, dan bahan polyester hyget yang memiliki tekstur halus dihargai Rp 28.500,- per kilogram.

Demikian beberapa hal penting tentang kain polyester yang perlu kamu ketahui sebelum memilih bahan polyester untuk produksi anda. Mengetahui karakteristik, kelebihan serta kekurangan bahan sangatlah penting agar bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kamu. Jika kamu sudah menemukan bahan yang cocok, kamu bisa menggunakan jasa sablon terbaik di Jakarta dari Dyotees. Mengapa Dyotees? Karena Dyotees akan membantu kamu untuk membuat baju mu tampak keren dan kamu makin pede untuk memakainya.

Hubungi WhatsApp