Mana Lebih Bagus, Rubber Ink vs Plastisol?

May 21, 2020

Bagi Anda yang gemar atau ingin memulai usaha sablon baju, tentunya ada banyak hal yang patut menjadi pertimbangan. Salah satunya adalah jenis tinta sablon yang akan diaplikasikan ke bahan kaos. Tinta yang tepat akan memberikan efek yang baik untuk jenis sablon tertentu. Di pasaran, setidaknya ada dua piilihan tinta sablon yang umum digunakan. Yaitu rubber ink dan plastisol. Keduanya memiliki karakteristiknya masing-masing. Maka, sudah tentu keduanya pun memiliki keunggulan serta kekurangannya tersendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Rubber Ink

Sesuai namanya, jenis tinta yang satu ini mengunakan karet sebagai komposisi utama. Sehingga, tinta jenis ini memiliki karakteristik layaknya karet, yaitu elastis, awet, fleksibel, dan yang paling utama tahan panas. Nah, mari kita bahas kelebihannya terlebih dahulu. Yang pertama adalah tinta karet ini tidak melapisi seluruh bagian pori-pori kaos. Dengan begitu, udara masih bisa bersirkulasi saat dikenakan di bawah cuaca panas.

Bagi produsen kaos, jenis tinta ini sangat disukai karena bisa memangkas waktu produksi. Pasalnya, hasil sablonnya cepat kering. Bahannya yang juga water based, membuat tinta sablon ini sangat mudah dibersihkan menggunakan air, sekalipun baru saja disablon. Semua keunggulan dan kepraktisannya tentu memberikan dampak langsung terhadap harga jual kaos sablon yang menggunakan tinta rubber ink.  Umumnya, harga kaos sablon dengan tinta jenis ini dijual cukup terjangkau.

Di sisi kelebihan pasti ada kekurangan. Karena kecepatannya dalam proses pengeringan, terkadang tinta sablon rubber ink memberikan dampak negatif pada proses transfer gambar ke kaos. Seringkali tinta menyumbat lubang pori pada film atau screen sablon. Hal tersebut selalu terjadi, terutama saat melakoni produksi kaos sablon dalam jumlah besar.

Kelebihan dan Kekurangan Plastisol

Berbeda dengan rubber ink yang menggunakan air sebagai basisnya, plastisol adalah jenis tinta sablon lain dengan minyak, plastik, dan senyawa kimia sebagai komposisi pembentuknya. Seringkali, tinta jenis ini dianggap sebagai salah satu tinta untuk sablon terbaik dan telah menjadi standar untuk produksi kaos clothing. Mengapa demikian? Karena cukup banyak kelebihan yang dimiliki tinta sablon yang satu ini. Yang pertama adalah tinta jenis ini memberikan kualitas dan saturasi warna yang baik saat diaplikasikan ke kaos. Warnanya nampak lebih rapat, cerah, menkilap, dan tidak cepat luntur meski sering dicuci. Selain itu, tinta plastisol ini menyerap ke bagian serat kaos. Dengan begitu, hasil sablonnya menempel erat, dan awet dipakai dalam waktu yang lama. Tinta yang menempel pada serat pun membuat kaos lebih nyaman dikenakan karena lebih lembut.

Bahan plastisol yang sulit kering saat proses pengerjaan sablon menjadi keunggulan tersendiri. Pasalnya, ia akan cukup lama bertahan pada bagian screen atau film sablon. Aplikasinya pun bisa dikerjakan dalam keadaan basah, yang otomatis dapat menyingkat proses pengerjaan sablon. Untuk kekurangan tinta plastisol yang paling bisa dirasakan adalah harganya. Tinta ini cukup mahal karena konsentrat minyak yang digunakan sebagai bahan utama, tergolong jenis yang langka. Sehingga, kaos dengan sablonan plastisol juga tentu akan lebih mahal dijual.

Tinta plastisol juga tergolong eksklusif. Sebab, dalam produksinya tidak bisa dalam jumlah yang besar. Sehingga tak banyak  konveksi yang menggunakan sablon menggunakan plastisol. Selain itu, bahan sablon plastisol juga cukup sulit dalam hal penyetrikaan. Sebab ia tidak begitu tahan panas. Agar aman saat disetrika, tinta plastisol harus dilapisi kain tipis supaya tidak terkena panas langsung. Jika tidak, maka permukaan hasil sablon cepat mengkerut dan seperti pecah-pecah. Akibatnya hasil sablon akan pudar cukup cepat.

Rubber Ink Atau Plastisol?

Nah, itulah tadi penjelasan singkat mengenai jenis tinta sablon rubber ink dan plastisol, beserta kelebihan dan kekurangannya. Setelah mengetahuinya, Anda bisa memutuskan dan mempertimbangkan jenis tinta yang tepat untuk sablon baju Dyotees Anda. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri.

Hubungi WhatsApp