Ingin Sablon Kaosmu Tahan Lama? Ini 7 Tips Merawat Sablon Kaos dari Distro

January 23, 2020

Sablon kaos merupakan sebuah hasil cetakan, baik berbentuk tulisan maupun gambar yang bertujuan untuk membuat kaos menjadi lebih menarik dan menambah nilainya. Oleh karena itu sablon pada kaos harus dijaga dan dirawat dengan teliti agar tidak mudah rusak. Jika sablon pada kaos rusak maka kaos tersebut sudah tidak menarik lagi, dan cenderung memalukan jika dikenakan. Bahkan bisa dikatakan bahwa jika sablon rusak maka kaos tersebut juga rusak.

Umumnya masyarakat menganggap bahwa rusaknya sablon karena kesalahan produksi vendor membuat kualitas sablon tidak baik. Padahal sablon juga bisa rusak karena perawatan yang tidak tepat. Sebagai salah satu penyedia jasa sablon terbaik di Jakarta, Dyotees akan memberikan tips untuk merawat sablon pada kaos :

Tips Merawat Sablon Kaos

1. Jangan Direndam Terlalu Lama

Biasanya anda merendam cucian untuk memudahkan proses pencucian dan hasilnya bisa lebih bersih. Tetapi untuk merendam kaos yang bersablon usahakan agar tidak terlalu lama, karena air dan sabun tersebut akan membuat sablon lebih mudah terkelupas. Cukup rendam kaos antara 5-10 menit agar kotoran terangkat tetapi sablon tidak terkelupas.

2. Jangan Dicuci Dengan Mesin Cuci

Mesin cuci cenderung mengaduk semua cucian menjadi satu dengan kasar. Hal ini meningkatkan resiko sablon pada kaos bergesekan dengan pakaian lain sehingga mudah rusak. Ditambah ketika pakaian dicuci dengan mesin cuci, otomatis pakaian tersebut terendam dalam air untuk waktu yang lama. Sablon yang terendam air terlalu lama akan mudah mengelupas.

3. Jangan Disikat

Jangan pernah sekalipun menyikat sablon kaos ketika mencucinya. Jika anda menyikat sablon tersebut, sablon tersebut akan terkelupas dan rusak seketika. Ketika ada noda yang bandel, lebih baik kucek perlahan pada bagian sablon yang terkena noda. Permukaan sikat yang kasar bisa merusak permukaan sablon.

4. Jemur Dalam Posisi Dibalik

Terpapar sinar matahari secara langsung juga membuat sablon lebih mudah rusak. Oleh karena itu ketika kaos dalam keadaan basah setelah dicuci, jemurlah kaos dengan bagian sablon ada di bagian dalam, atau dalam posisi kaos dibalik.

5. Jangan Disetrika Langsung

Penting untuk menyetrika baju setelah dicuci, tetapi untuk menyetrika kaos yang bersablon usahakan menyetrika dari bagian dalam. Balik kaos terlebih dahulu dengan bagian sablon ada di dalam, kemudian setrika seperti biasa. Hal ini dimaksudkan agar sablon tidak meleleh terkena panas setrika.

6. Jangan Dipakai Untuk Tidur

Memang paling enak tidur menggunakan kaos. Tetapi jika kamu masih sayang dengan sablon pada kaos kamu, jangan gunakan kaos tersebut untuk tidur. Ketika tidur kamu tidak akan sadar apa yang terjadi dengan kaos kamu, sehingga kaos akan tertekuk, kusut dan sablonnya mudah rusak.

7. Jangan Pakai Untuk Berenang

Terlalu lama terendam di dalam air dan bercampur dengan air kaporit membuat sablon pada kaos akan mudah terkelupas. Mulai sekarang jangan menggunakan kaos dengan sablon untuk berenang jika ingin kaos tersebut awet dan tahan lama. Jika ingin berenang selalu gunakan pakaian renang.

Demikian 7 tips yang bisa dilakukan untuk menjaga sablon kaos tetap tahan lama dari Dyotees. Semua hal tersebut diatas seringkali diabaikan karena dianggap remeh. Padahal jika dilanggar akan membuat sablon mudah rusak dan tidak tahan lama. Sangat disayangkan jika kamu membeli kaos yang menurut kamu bagus tetapi hanya bertahan sebentar dan hanya bisa dipakai beberapa kali. Oleh karena itu mulai perhatikan hal-hal kecil di atas agar kaos kesayangan kamu bisa awet dan tahan lama.

Hubungi WhatsApp