Carded VS Combed, Mana Lebih Cocok Untuk Bisnis Distro 2020

March 12, 2020

Memilih bahan untuk kebutuhan produksi harus mempertimbangkan beberapa aspek. Selain memperhatikan karakteristik masing-masing bahan, hal yang harus diperhatikan adalah kualitas dan harga bahan tersebut. Kualitas dan harga harus diperhatikan secara seimbang agar dapat menghasilkan produk yang diterima baik oleh target konsumen. Namun kita kurang bijak juga jika hanya memperhatikan kualitas, tetapi pada akhirnya menghasilkan produk dengan harga jual yang tidak bersahabat.

Carded VS Combed, Mana Lebih Cocok?

Pada umumnya, pelaku dalam bisnis distro memilih bahan katun Combed atau katun Carded dari Dyotees sebagai bahan dasar pembuat kaos. Pasalnya kedua bahan ini seimbang jika dilihat dari segi kualitas dan harga. Bagi anda pelaku bisnis distro 2020, berikut ulasan perbandingan katun Carded VS Combed :

1. Perbandingan Kualitas Bahan

Bahan katun Combed dibuat dari 100% serat kapas murni dimana proses pembuatannya sampai pada tahap disisir atau combed pada mesin combing, sehingga tidak ada biji kapas yang tercampur dalam proses pembuatan benang. Hal ini membuat benang yang disulam menjadi kain lebih rata. Kain yang dihasilkan juga lebih lembut dan halus. Bahan katun Carded juga dibuat dari 100% serat kapas murni, tetapi proses pembuatannya hanya sampai tahap digarus atau carding. Sehingga kain yang dihasilkan cenderung lebih kasar karena masih meninggalkan biji kapas dalam proses pengolahannya. Biji kapas yang masuk dalam proses pengolahan menyebabkan kerataan benang pada kain menjadi kurang.

2. Perbandingan Karakteristik Bahan

Bahan katun Combed dari Dyotees cenderung lebih halus dan lembut, serta memberikan efek dingin dan nyaman dipakai walaupun di luar ruangan. Hal tersebut didukung dengan sifat katun combed yang mudah menyerap keringat karena terbuat dari 100% kapas murni. Rajutan benang pada kain ini sangat padat sehingga kain yang dihasilkan tidak mudah robek. Selain itu kain katun Combed tidak mudah menyusut walaupun sering dicuci.

Bahan katun Carded lebih kasar, dan bahkan terdapat bintik-bintik putih yang berasal dari biji kapas selama proses pembuatan kainnya. Selain itu jenis kain ini lebih berbulu karena sista bahan diujung benang, serta bila terlalu sering dicuci akan mudah menyusut. Tetapi walaupun demikian, kain jenis ini tetap nyaman dipakai dan memiliki daya serap keringat yang baik.  

3. Perbandingan Harga Bahan

Harga bahan katun Combed lebih mahal daripada katun Carded, karena memang proses pembuatannya berbeda serta kualitas bahan seperti yang dijelaskan di atas berbeda. Perbedaan harga selain dipengaruhi jenis kain, dipengaruhi juga oleh warna kain. Warna kain biasanya dibedakan menjadi warna tua, warna sedang, warna muda, warna putih, warna misty, warna hitam sulfur, dan warna jet black.

Itulah perbandingan katun Combed dan Carded yang harus anda pahami sebagai pelaku bisnis distro 2020. Baik katun Combed maupun Carded memiliki keunggulan dan kekurangan satu sama lain. Sesuaikan dengan target konsumen anda atau status sosial ekonomi tempat anda menjalankan bisnis. Pelajari seberapa besar buying power target konsumen anda, sebagai bahan pertimbangan memilih bahan kaos untuk produksi.

Hubungi WhatsApp