Bingung Pilih Tinta Sablon untuk Baju Distro Kamu? Cek Artikel ini

January 23, 2020

Bagi orang awam, mungkin menganggap semua jenis tinta sablon memiliki kualitas yang sama, namun kenyataannya tidak. Setiap jenis tinta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan tentu akan mempengaruhi kualitas kaos. Jenis tinta sablon yang biasa digunakan dalam bidang konveksi sendiri adalah berjenis air seperti halnya sablon rubber, namun ada juga berjenis minyak seperti sablon platisol. Kamu masih kesulitan memilih jenis tinta sablon untuk baju distro kamu? Kenapa gak pakai plastisol aja? Sebagai salah satu jasa cetak baju distro terbaik di Jakarta, Dyotees akan membantu kamu menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari plastisol.

Kenapa Harus Memilih Tinta Sablon Platisol?

Kini tinta sablon platisol sudah cukup populer dipasaran, karena memang terkenal dengan kualitasnya. Tinta sablon ini terbuat dari jenis bahan minyak, sehingga menghasilkan produk kaos yang bagus dan sangat diminati oleh anak-anak muda. Alasannya, tentu saja karena tinta ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan tinta lain. Khususnya untuk mereka yang masih baru memulai bidang sablon, tinta plastisol akan membuat proses penyablonan menjadi lebih mudah.

Kenapa? Karena kesalahan kecil yang bisa terjadi pada awal belajar sablon dapat diperbaiki dengan mudah karena bahan yang digunakan adalah minyak. Selain itu kualitasnya tentu saja sudah tidak bisa diremehkan. Jadi jika kamu bertanya tentang jenis tinta untuk belajar sablon, maka jenis tinta sablon untuk baju distro kamu yang paling ideal adalah plastisol.

Kelebihan Tinta Platisol

Masih ragu untuk menggunakan jenis tinta satu ini? Berikut beberapa kelebihan yang ada pada jenis tinta satu ini.

Kualitas Unggulan : Tinta plastisol terkenal akan keunggulannya yang mudah kering dan kuat. Hal ini jugalah yang menjadi alasan kenapa banyak orang memilih untuk menggunakan plastisol jika ingin menyablon kaos dengan desain yang kecil dan rumit.

Awet : Jika dibandingkan dengan tinta lain, jenis tinta ini cenderung lebih awet, meskipun kaos digunakan untuk harian. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari kualitas tinta yang sudah kami sebutkan.

Warna Kalem : Soal warna memang setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, namun kebanyakan anak muda cenderung lebih suka warna yang kalem dan tidak terlalu mencolok. Hal ini karena warna-warna kalem jauh lebih mudah untuk dipadu-padankan. Dan karakteristik tinta plastisol adalah demikian, warnanya kalem dan tidak terlalu mencolok.

Tidak Kasar : pernah menemukan kaos dengan sablonan yang kasar? Tidak hanya masalah tintanya saja, kerumitan desain juga bisa mempengaruhi hal ini. Seperti yang sudah kami katakan, tinta plastisol lebih mudah untuk diaplikasikan pada desain yang rumit, dan hasilnya sablonnya pun akan halus saat diraba.

Fleksible : bagi beberapa orang, mencuci kaos adalah hal yang sakral, karena terlalu sayang sama kaosnya, beberapa dari mereka ada yang memilih untuk mencuci dengan tangan, alias tidak menggunakan mesin cuci. Kelebihan tinta plastisol adalah aman terhadap jenis pencucian apapun, mau mengunakan mesin cuci oke dan menggunakan tangan jauh lebih baik.

Kekurangan Tinta Plastisol

Meskipun diatas sudah kami berikan segudang kelebihan dari tinta plastisol, bukan berarti tinta jenis ini tidak memiliki kelebihan. Sebelum memilih tinta plastisol sebagai jenis tinta sablon untuk baju distro kamu, sebaiknya perhatikan beberapa kekurangannya berikut ini.

Mahal : bukan menjadi rahasia lagi kalau suatu produk yang berkualitas memiliki harga yang mahal, dan hal ini juga berlaku untuk tinta plastisol.

Proses Rumit : bahan ini memang berkualitas, namun diperlukan proses yang tidak singkat juga, salah satunya kaos harus disetrika selepas disablon agar tinda merekat dengan baik.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari tinta sablon plastisol, jadi mana tinta yang kamu pilih? Setelah memilih, kamu bisa menghubungi Dyotees untuk mencetak sablon kaos distro. Dyotees akan membantu kamu mewujudkan baju distro yang kece loh!

Hubungi WhatsApp