5 Jenis Sablon Terbaik untuk Kaos yang Awet dan Tahan Lama

December 19, 2021

Zaman sekarang, kemajuan di berbagai bidang kehidupan sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh banyak orang. Mulai dari bidang ekonomi, teknologi, pendidikan, pembangunan, kesehatan, hingga yang paling melekat di masyarakat adalah fashion. Kini, fashion menjadi kiblat paling penting bagi sebagian besar orang. Baik anak-anak, remaja, hingga dewasa. Tidak diragukan lagi bahwa, bisnis fashion menjadi hal yang paling menguntungkan jika diterapkan. Terutama pada jasa sablon Jakarta yang saat ini sedang menjamur di berbagai kalangan. Perlu diketahui, saat ini sablon kaos Jakarta merupakan salah satu bisnis yang saat ini sedang marak-maraknya digemari oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan kaos sablon tidak akan sepi dari peminat dan bahkan akan selalu bertambah setiap saat.

Jenis Sablon yang Awet untuk Diterapkan pada Kaos

Jika Anda tertarik untuk membuka usaha sablon ataupun sekedar tertarik menggunakan sablon kaos Jakarta, inilah saatnya. Biasanya, kaos sablon dapat ditemui di berbagai gerai distro ataupun di tempat usaha yang menyediakan jasa sablon kaos. Ada berbagai jenis sablon kaos yang ditawarkan, tergantung dari kualitas dan harga sablon kaos itu sendiri. Walaupun dalam pengaplikasiannya, kualitas menentukan bagus tidaknya suatu produk yang ditawarkan. Namun, pada kenyataannya, kualitas bahan tidak menjadi acuan jika hasil produk tidak bersifat tahan lama. Seringkali, ditemukan banyak jenis sablon yang tidak awet ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itulah, perlu sekali mengetahui beberapa jenis sablon kaos Jakarta berikut ini yang dianggap banyak orang sebagai jenis sablon dengan daya tahan terbaik.

1. Sablon Plastisol

Jenis sablon pertama adalah sablon plastisol. Kualitasnya yang terbaik menjadikannya sebagai standar sablon skala internasional yang digemari banyak orang. Walaupun dibandrol dengan harga yang lumayan mahal, namun daya rekat sablon ini sangat tinggi dibandingkan jenis sablon lainny. Penggunaan PVC atau tinta minyak kualitas tinggi sangat cocok diterapkan pada jenis kain apapun. Tidak hanya itu, jenis sablon ini memiliki hasil yang cerah serta bersifat tahan lama menempel pada serat kaos. Varian warna tintanya yang beragam, bisa Anda atur sendiri dengan kreasimu menyesuaikan dengan warna dasar pada kaosmu. Namun, dalam pengaplikasiannya, jenis sablon ini tidak terlalu tahan dengan suhu yang panas. Dengan kata lain, jenis sablon plastisol akan mudah mengelupas jika disetrika dalam waktuu yang lama. Untuk itu, jika Anda ingin menyetrika kaos dengan jenis sablon ini, maka hendaklah menyetrika bagian dalam kaosnya saja, tidak langsung pada permukaan sablon. Dalam proses penerapannya pun memerlukan waktu yang cukup lama dengan suhu sekitar 160 derajat celcius. Namun, hal itu akan sebanding dengan hasil yang didapatkan.

5 Jenis Sablon Terbaik untuk Kaos yang Awet dan Tahan Lama

2. Sablon Rubber

Jenis sablon kaos selanjutnya yang terkenal adalah sablon rubber. Masyarakat umum biasanya sering menyebut jenis sablon ini dengan sablon karet, karena sangat elastis seperti halnya karet. Jenis sablon ini memiliki daya rekat yang baik ketika diterapkan pada material kain apapun, termasuk kaos. Sifatnya yang sangat elastis dan mampu menutupi serta menyesuaikan dengan serat pada kain, menjadikannya awet dan tahan lama jika digunakan bahkan dicuci dan disetrika berkali-kali. Tidak dapat dipungkiri bahwa, sablon rubber sebagai sablon terbaik untuk jenis kaos apapun. Biasanya, jenis sablon ini sering diterapkan pada kaos dengan warna yang gelap. Anda tidak hanya menggunakan sablon jenis ini sebagai sablon utama, melainkan juga bisa diterapkan sebagai sablon dasar untuk jenis-jenis sablon lainnya. Selain itu, harga tinta dari sablon ini tergolong murah, sehingga lebih ekonomis jika ingin memesan kaos dalam jumlah yang banyak.

3. Sablon DTG

Sablon DTG (Direct to Garment) merupakan sebuah inovasi terbaru dalam dunia sablon yang mana banyak digemari akhir-akhir ini, dimana dalam prosesnya, tidak perlu lagi menggunakan media cetak untuk desainnya. Jadi, jenis sablon yang satu ini menggunaan teknologi terkini yakni printing. Teknik yang mirip seperti mencetak kertas pada mesin print, sehingga hasilnya detail dengan tingkat kejelasan yang tinggi. Untuk desain yang rumit sekalipun, menggunakan jenis sablon ini tidak akan menjadi masalah. Keunggulan dari sablon kaos Jakarta jenis ini terletak pada warna yang dihasilkan, yakni perpaduan gradasi warna yang indah. Dalam artian, pengguna bisa mencetak menggunakan beberapa warna yang dipadukan sekaligus. Hal ini tentunya memberikan hasil yang lebih eyecatchy dan tidak bosan. Selain itu, tinta yang tipis tidak memberikan kesan tebal pada kaos ketika selesai dicetak. Hal ini akan memberikan sensasi lembut ketika Anda menyentuh hasil akhir dari desain sablon ini. Untuk proses pengerjaannya, tidak memerlukan waktu yang lama. Hasilnya pun tidak akan mengecewakan. Anda bisa memesan kaos dengan jumlah yang banyak menggunakan jenis sablon ini. Penerapan pada kaos dengan bahan dasar putih tidak akan jadi masalah karena hasilnya yang memukau.

4. Sablon Glow in The Dark

Sebuah terobosan yang unik yang digemari anak remaja sekarang ialah sablon jenis glow in the dark. Seperti namanya, hasil cetakan desain sablon ini mampu menyala dalam gelap. Rahasianya? Yakni terletak pada jenis kaos dan material tinta yang digunakan. Jadi di dalamnya terdapat campuran bahan tinta sablon dengan mineral fosfor. Campuran tersebut akan menghasilkan cetakan yang dapat menyala dalam keadaan gelap. Terkadang, jenis sablon ini juga merupakan campuran dari jenis sablon lainnya, yakni sablon jenis plastisol dan sablon rubber. Selain itu, kualitas dari cerakan sablon ini sangat bagus dan tahan lama. Tidak diragukan lagi bahwa jenis sablon ini menjadi salah satu yang terbaik pilihan banyak orang, terutama kaum muda mudi.

5 Jenis Sablon Terbaik untuk Kaos yang Awet dan Tahan Lama

5. Sablon Glitter

Jika Anda menginginkan kesan mewah pada desain kaos, maka Anda bisa menggunakan jasa sablon Jakarta dengan menggunakan glitter sebagai tambahannya. Desain yang dicetak pada kaos terkesan lebih hidup dan elegan dengan tampilan glitter yang berkilauan. Tidak jarang, jenis sablon ini banyak digemari terutama bagi para remaja. Untuk daya tahan, tidak perlu khawatir karena material glitter melekat baik pada kaos, sehingga menjadikannya awet walau digunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk hasil yang lebih bagus, terapkan jenis sablon glitter ini pada kaos yang berwarna dasar gelap.

Itulah beberapa jenis sablon kaos Jakarta menurut Dyotees yang memiliki daya tahan yang kuat dan akan awet jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sebenarnya, semua jenis sablon kaos memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ha itu tergantung pada kualitas dari tinta yang digunakan, bahan kaos yang menjadi media ketika sablon itu diterapkan, material-material sablon itu sendiri, serta perawatan pada kaos sablon. Untuk itulah, diperlukan ketelitian yang ekstra untuk menentukan jenis sablon yang tepat untuk kaos Anda, agar nantinya Anda merasa puas dengan hasil yang didapatkan.  Pastinya tidak mengecewakan dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Selamat mencoba, ya!

WhatsApp