5 Fakta Kelebihan Dan Kekurangan Sablon Discharge

May 21, 2020

Kualitas atau harga sebuah kaos tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas bahan, tetapi juga jenis sablon kaos yang digunakan. Salah satu jenis sablon yang banyak digunakan oleh para pengusaha distro saat ini adalah Sablon kaos discharge. Metode sablon discharge banyak dipilih karena proses pengerjaannya relatif cepat dan minat pasar terhadap jenis sablon ini cukup tinggi. Untuk beberapa penggiat kaos distro, istilah sablon discharge mungkin sudah tidak asing. Ini adalah sebuah teknik untuk mengganti warna asli kaos dengan warna tinta yang digunakan. Jenis sablon ini sangat cocok diaplikasikan pada kaos dengan bahan dasar kain katun karena kain katun memiliki daya serap air yang sangat baik Sehingga warna tinta dapat menyerap dengan sempurna pada kain. Sama seperti jenis sablon yang lain, sablon kaos discharge memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Berikut uraian terkait kelebihan dan kekurangan metode sablon cabut warna yang harus anda ketahui sebelum memilih metode sablon discharge :

Kelebihan Sablon Discharge

Alasan dibalik banyaknya orang yang suka dengan sablon kaos jenis ini tentu karena kelebihannya. Berikut beberapa kelebihan yang ada pada kaos sablon satu ini.

• Hasil sablon sangat lembut.

• Hasil sablon rata dengan bahan karena meresap ke dalam kain, bukan menempel di atas permukaan kain.

• Karena warna tinta meresap ke dalam kain sehingga resiko retak lebih kecil dibandingkan dengan hasil sablon manual yang lain, sehingga lebih awet walaupun dicuci dan dilipat berkali-kali.

• Warna yang dihasilkan terlihat lebih alami karena tinta sablon menyerap dan menggantikan warna bahan kain kaos.

• Proses pengerjaan relatif lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan metode sablon yang lain.

• Tinta sablon sangat cocok digunakan pada kain kaos dengan warna gelap seperti hitam dan navy.

• Minat pasar terhadap metode sablon ini semakin meningkat, khususnya pada bisnis distro.

Kekurangan Sablon Discharge

Meskipun memiliki segudang kelebihan, namun jenis sablon yang satu ini juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah:

• Tidak cocok digunakan untuk desain sablon full color.

• Tidak cocok diaplikasikan pada kain kaos dengan warna hijau, biru, dan ungu karena warna-warna tersebut sangat sulit dicabut dari kainnya.

• Kurang cocok diaplikasikan pada kaos dengan bahan selain 100% katun, misalnya kaos dengan bahan sintetis atau polyester.

• Kesulitan pengerjaan terletak pada sulitnya akurasi untuk mencocokkan masing-masing warna desain.

• Harga sablon discharge cenderung lebih mahal daripada teknik sablon manual yang lain.

• Tinta sablon discharge tidak baik untuk kulit karena mengandung bahan kimia ZFC (Zinc Formaldahyde Sulfoxylate). Saat proses pengerjaan sablon, usahakan untuk menggunakan sarung tangan agar tinta tidak langsung terkena kulit. Bagi anda yang membeli kaos dengan metode sablon ini, usahakan untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum dikenakan agar terhindar dari resiko iritasi.

Itulah penjelasan terkait kelebihan dan kekurangan sablon kaos discharge. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan metode sablon ini, anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan metode sablon ini atau tidak. Demi mendapatkan hasil sablon yang maksimal anda perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangannya seperti yang dijelaskan di atas. Selain memperhatikan kelebihan dan kekurangannya, hal yang perlu diperhatikan adalah jenis tinta yang digunakan. Tinta sablon kaos discharge bisa didapatkan dengan memadukan tinta super white dengan binder atau bubuk khusus. Kedua bahan tersebut diformulasikan agar dapat menghilangkan warna bahan kain kaos, baru kemudian digantikan dengan warna tinta sablon untuk mendapatkan hasil sablon lebih alami. Hasil sablon metode ini lebih disukai karena warna sablon meresap ke dalam kain, bukan menempel di atas permukaan kain. Sehingga terasa lebih lembut dan rata ketika diraba. Tinta sablon discharge dikeringkan dengan cara di-press dengan suhu 160 derajat selama 30 detik. Hasil lebih maksimal bisa diperoleh ketika cat masih dalam keadaan basah. Selama proses pengeringan ini, tinta sablon akan beroksidasi dengan bahan kain yang reaktif. Anda bisa melakukan diskusi untuk penggunaan tinta discharge sablon kaos Anda dengan Dyotees pastinya.

Hubungi WhatsApp